Travelling

Short Trip : Mojokerto and Kediri

Its mudik time 😊

Sebelumnya, saya memang ga pernah kenal kata mudik. Taunya ya Jakarta, bogor, depok, bandung mentok ke lampung… Itu jg karena saya kecil di lampung…. Hehehehe… Tapi semenjak married, mulai de kenal kata mudik… ✌️

mudik jadi menu wajib tiap tahun… Insyaallah… Mudik saya ke : Solo.. Nah salah satu cerita tentang solo udah di mulai dengan kuliner di post sebelumnya 😁  dan beberapa tahun belakangan biasanya selain ke Solo, saya dan suami mengunjungi kota2 lain di jawa tengah ataupun jawa Timur…

Kali ini kami berdua memutuskan ke Mojokerto dan kediri. Emang ada apa si dsana? Jawabannya : banyakkkkkk dan indah bangettttt….  Coba dimulai ya agenda kami yang hanya jalan 2 hari 1 malam 😊

Setelah explore, googling, membaca blog2 yang lain, katanya daerah mojokerto merupakan peninggalan terbesar kerjaan majapahit… Banyak situs dan candi2 yang kalau menurut ahli sejarah dulunya adalah kerajaan majapahit….

Smp di mojokerto sudah pukul 3 sore. Tempat pertama yang kami singgahi adalah : candi brahu. Karena tiba sudah cukup sore, sepertinya guidenya pun sudah mulai lelah. Ga ada yang nawarin buat kasih penjelasan 😦 Sehingga kami hanya membayar uang sukarela pada saat masuk ke kawasan candi brahu. Menurut blog lain yang saya baca, candi ini dibangun abada  15M, katanya lagi menurut peninggalan buku mpu sendok, candi ini berfungsi sebagai tempat pembakaran raja2 brawijaya. Dan setelah saya ke tempat ke 3 ( wringin lawang) memang dibilang begitu sama pak paidi (beliau katanya penjaga wringin lawang – mungkin seperti juru kunci ya). Bangunan candi ini masih terawat. Dibangun dengan bata merah. Dan sekelilingnya dibangun taman sehingga terlihat asri.

Ps : itu suami saya sedang foto πŸ˜€

Setelah itu kami melanjutkan ke candi gentong. Jaraknya kurang lebih 200m dari candi brahu. Memang sudah tidak berbentuk candi, tapi bagian dasarnya masih ada. Ada 2 candi gentong, 1 dan 2. Candi gentong 1 memiliki ukuran yang lebih besar. Masih kata pak paidi, menurut beliau candi gentong dulu fungsinya untuk menyimpan abu dari pembakaran di candi brahu. Cm memang saya ga menemukan informasinya di papan petunjuk candi.

Ps: itu foto saya dan suami di papan informasi candi gentong 😁

Dari situ, kami lanjut ke wringin lawang. Disinilah saya bertemu pak paidi. Awalnya saya pikir, setelah dr parkiran langsung menuju wringin lawang yang merupakan pintu masuk. Tapi ternyata sisi sebaliknya lah yang pintu masuk. Beberapa bagian sudah di tambal agar wringin lawang tetap kokoh berdiri. Tapi tetap indah 😊 Menurut blog lain yang saya baca wringin lawang itu artinya pintu masuk. Ada yang menyebutkan dulu ini merupakan pintu masuk ke kediaman Gajah Mada.

Ps : foto saya dan suami di Wringin Lawang   😊

Dari sini, kami melanjutkan ke kolam segaran. Sampai dsana bentuknya seperti pemancingan. Dan memang banyak orang yang mancing. Cuma dulu katanya tempat ini di pakai oleh kerjaan majapahit untuk menerima tamu dr kerjaan lain bahkan dr cina. Dan untuk menunjukkan kekayaannya, katanya lagi… Setelah menjamu, peralatan makan yang di pakai dan terbuat dari emas itu di buang ke kolam ini… Wohoooo…. Ga kebayang ya 😊

Ps : besar ya kolam segaran 😊

Tidak jauh dari situ ada museum majapahit. Cuma karena sudah sore, sudah tutup. Kami hanya diperbolehkan ke halaman belakang, dimana ada patung, arca dan bahkan katanya sisa peninggalam rumah zaman majapahit yang bisa di lihat.

Ps : kalau ga salah baca, dulunya bangunan ini adalah rumah2 di majapahit. Bahkan sudah ada saluran airnya. Jd orang zaman dahulu saja sudah cerdas ya 😊

Dari situ, kami melanjutkan ke makam putri champa. Letaknya tidak jauh dr kolam segaran. Menurut juru kuncinya, ibu siti mariam (mudah2an tidak salah namanya), beliau ada putri dari kerjaan kamboja. Menikah dengan Raja Brawijaya V dan memiliki anak Raden Patah yang nantinya menjadi raja demak. Konon beliau adalah putri yang cantik jelita. Sebelum sampai makamnya, banyak makam lain di sekelilingnya. Menurut ibu siti mariam, makam ini merupakan makam keluarga dan ada juga makam panglima perang.

Dari sana, kami melanjutkan ke Candi Bajang Ratu. Cm karena sudah sore,sudah ditutup juga. Setelah minta izin petugas dan bilang kami datang dari jauh, diizinkan masuk dan hanya foto sekali. Makasi ya pak ✌🏻️ kawasannya juga asri, dikelilingi oleh taman2 yang sangat terawat.

Karena waktu hampir magrib, kami berangkat ke candi tikus. Disebut Candi tikus karena dulu waktu ditemukan banyak sekali tikus didalammya. Cuma menurut cerita, candi ini merupakan tempat pemandian putri atau permaisuri raja. Kalau melihat bentuknya, memang ada beberapa bangunan seperti pancuran air dan bak mandi. Dan sekelilingnya juga di bangun taman yang asri. Sehingga rasanya nyaman dan tenang.

Malamnya kami melanjutkan perjalanan ke kediri dan menginap disana.

Paginya kami mengunjungi goa maria. Areanya sangat luas. Disebut area puh sarang. Tempat ini juga digunakan untuk umat katolik berdoa.

Setelah itu kami melanjutkan ke goa selomangleng. Katanya tempat ini digunakan oleh Dewi Kilisuci untuk bertapa setelah menolak tahta dari raja erlangga.

Dari sini kami, melanjutkan ke wisata gunung kelud. Katanya saat ini aman dan bisa di lihat. Saya ga bisa komen apa2 selain : Subhanallah… Indah sekali gunung kelud. Walaupun saya ga naik sampai puncaknya, cuma perjalan menuju gunung kelud sangat indah. Sampai d tempatnya pun lebih indah lagi… Indah bangetttttt πŸ˜πŸ’™

Sekian sharing cerita perjalan singkat kami… Semoga kami bisa berbagi cerita yang lain dengan teman2 πŸ˜ŠπŸ™

#mudik #mojokerto #kediri #majapahit #trowulan #kelud #candibrahu #candigentong #wringinlawang #kolamsegaran #putrichampa #museum #candibajangratu #canditikus #puhsarang #selomangleng #gunungkelud #travelling #holiday