Me... My Self... Mine

Belajar dari Ibu Yulia…

Hari ini saya mendapat pelajaran yang berarti. Hanya dimulai dengan obrolan simple dari bandara sampai ke rumah. Pelajaran itu saya peroleh dari Ibu Yulia. Yes, ibu yulia adalah driver taksi yang saya naiki. Obrolan ini memang tidak detail mengenai diri Bu Yulia. Tapi kalimat-kalimat yang keluar dari beliau memberikan makna besar buat saya.

Dimulai dengan kalimat pertama ketika saya dan suami duduk di mobil.

Saya : manggilnya apa ni ya bu? Ibu? Atau mba ya?

Bu Yulia : wahhhhh jangan mba… Saya sudah tua loh mba… 2 tahun lagi umur saya 50tahun…

Saya : ahhh masa bu (dalam hati teriak… Whatttttt 😣😱) kok ga kelihatan bu? (Sumprit… Karena wajah si ibu kalau menurut saya kayak late 30lah… 35-37tahun prediksi saya✌🏻️👏🏻)

Bu Yulia : hahahaha… Yang penting happy aja mba. Enjoy… Hidup kan cuma sekali. Kalau kita stress, kapan bisa senengnya? Apa2 dibawa susah… 
Lesson 1 – hidup jangan dibawa susah. Jangan stress… Enjoy your life
Obrolan berikutnya…
S : ibu sudah lama kerja disini (salah satu perusahaan taxi terbesar di indonesia)

IY : sudah lumayan lah mba… Seru kok kerja disini. Ga terikat waktu. Saya masih bisa ambil rapot anak. Masih bisa jalan2. Karena waktunya flexible mba…

S : hooo gt bu? Masih banyak waktu luangnya?

IY : bisa lah mba. Asal pinter2 atur waktu aja. Ga usah gengsi juga. Kalau kita gengsi, ga bisa jalan mba. Saya single parent. Harus lihat ke bawah juga. Banyak yang lebih susah dari saya. Kl gengsi ya ga bisa jalan…
Lesson 2 : hidup ga usah kebanyakan mikirin gengsi. Lihat ke bawah, jangan selalu ke atas… Bersyukur dengan apa yang kita punya 😢 —- aslik, saya berasa malu 😔
Obrolan lanjutan…
S : sebelum bekerja disini, ibu kerja dimana kalau boleh tau?—- kepo ya saya 😅

IY : saya dulu sekretaris mba. Cuma sekarang sudah tua begini. Susah cari kerjaan… Hahahaha… Jadi ya saya coba cari kerjaan lain. Saya juga coba usaha mba. Tapi saya emang seneng wiraswasta si. Ada tantangannya…

S : usaha apa bu?

IY : dulu saya usaha catering buat pabrik. Udah jalan dan lumayan hasilnya, eh partner saya kabur bawa uangnya dari pembayaran pabrik.

S : ya ampun bu. Catering pabrik ga capek bu? 😖

IY : hahahaha iya mba. Saya bangun jam 2 pagi. Tapi ya enjoy aja. Hasilnya juga lumayan. Sejak di tipu, saya malas lagi de… Hahaha… Saya beberapa kali gt mba. Udah mulai kenceng usahanya, saya kasih orang lain buat pegang. Sifat jelek saya itu. Kl udah mulai lancar, malah saya tinggal…

S : jadi ibu lebih suka wiraswasta ya?

IY : iya mba… Lebih banyak tantangannya. Sekarang juga saya punya kantin di daerah menara imperium. Lumayan banget mba hasilnya… Pokoknya kalau mau usaha, jangan takut sama jangan malas…
Lesson 3 : Hidup itu penuh tantangan. Jangan pernah takut dan malas…. Bismillah… 🙏
Masih panjang obrolan saya dengan Ibu Yulia. Tapi kurang lebih, beberapa points di atas membuat saya tertegun. Seorang ibu yang sudah berusia hampir 50 tahun, tapi masih terlihat kokoh. Bertahan hidup dengan segala yang dimiliki untuk masa depan yang lebih baik. Tidak ada kata gengsi buat beliau, selama itu halal. 

Semoga hal ini bisa jadi pembelajaran juga bagi saya untuk kuat, mulai usaha kecil2an untuk berjualan baju dan hijab seperti impian saya, ga malas dan gengsi, dan insyallah menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Aamiin 1000x…🙏😊

  

Ps : ini ibu yulia… Sosok ibu yang tangguh 😊

Leave a Reply

