Travelling

Sumba… Its never Enough

Hola…

Lanjut lagi yuk jalan2 ke Sumba…

I might say kalau perjalanan saya ke Sumba di hari ke 3 ini A.M.A.Z.I.N.G

Why? Karena tempat2 yang saya kunjungi ini amat pakai sangat indah loh. Suer… So, let’s start…

Day 3…

Setelah sarapan, kami segera siap2 jalan lagi kaena spot yang akan dikunjungi hari ini cukup padat. Dari hotel Sinar Tambolaka, kami berjalan ke arah Sumba Barat Daya. Sekitar 1 jam, melewati lembah dan beberapa desa, akhirnya kami tiba di Pantai Watu Maladong. Speechless waktu pertama kali lihat dari atas. Beberapa karang menjulang tinggi di dekat pantai. Walaupun gw belum pernah ke Raja Ampat ya, sekilas pemandangannya seperti Wayag. Cooollllll……  Pantainya sendiri sangat bersih, pasirnya halus dan putih, serta diujungnya di apit tebing tinggi. Sayangnya, pagi itu ombaknya cukup besar, sehingga kami tidak bisa berjalan di antara tebing2 yang menjulang tinggiGOPR1781.JPG

Karang2 tinggi di Pantai Watu Maladong

Lanjutkan perjalanan lagi ya. Nah buat saya, Pantai ini adalah salah satu pantai terindah yang pernah saya kunjungi di Indonesia. Namanya Pantai Bwanna. Untuk mencapai ke pantai ini, Bang Jhonny juga bertanya dulu pada kami apakah benar2 yakin mau kesini. Karena ternyata aksesenya belum ada yang memadai. Sehingga belum  banyak orang yang datang kesini. Beberapa orang yang diantar Bang Jhony pun setelah melihat aksesnya banyak yang memutuskan untuk tidak turun. Tapi semua anggota group kami sepakat untuk jalan, karena melihat beberapa postingan mengenai Pantai Bwanna yang sangat indah.

Nah, ini kurang lebih aksesnya. Kalau teman2 ksini, pastikan berhati2 dan memang bersama orang yang sudah mengenal tempat ini ya.DCIM100GOPROGOPR1793.

Akses ke pantai bwanna melewati tebing2 yang cukup curam

Ini Pantai Bwanna yang sangat indah. Karangnya berbentuk seperti gerbang besar. Subhanallah… Indah sekali. Bahkan sebelum mencapai karang yang seperti gerbang, sepenjang pantainya di tutup oleh karang yang menyerupai tembok besar. Cantiiikkkk banget… Kalau ksini juga hati2 ya, karena ombaknya sangat besar. and i have lost my phone here 😦GOPR1794.JPG

Indahnya Pantai Bwanna…. Best…

Dari keindahan Pantai Bwanna, kami melanjutkan ke Pantai Tanah Mete. Yang berbeda dari Pantai ini adalah pemandangan serta karangnya. Awalnya saya sempat melihat karang tinggi di ujung pantai seperti di Tanah Lot Bali. Sehingga kita bisa melihat samudera dari atas karang tersebut.

Pemandangan Pantai Tanah Mete dari tebingnya πŸ™‚

Sementara, kalau kita susuri pantainya, ada sebuah karang besar yang bentuknya sangat unik. Kalau saya perhatikan sekilas, bentuknya seperti Candi. Coba deh teman2 perhatikan bentuknya πŸ™‚ Cantik ya

Salah satu karang yang bentuknya seperti candi di Pantai Tanah Mete

Setelah puas dengan pantai, kami melanjutkan ke salah satu tempat yang merupakan iconic sumba juga ya. Namanya Danau Werkuri. What can i say? Selain cantik, keren banget, indah banget, bagus bangetttt…. Suerrr dehhh… Jadi danau ini isinya air asin. Jadi ini seperti air laut yang terjebak di antara lembah dan karang tapi membentuk seperti danau. Airnya juga tenang dan jernih. Kayak kolam renang aja… Sehingga banyak juga orang yang bertamasya sekaligus berenang disini. Bahkan kalau kita snorkling ke ujung yang arah laut, ada beberapa terumbu karang, ikan2 kecil bahkan Bulu Babi !!! Be Careful ya…

Indahnya Danau Werkuri πŸ™‚

Selain berenang disini, coba sempakan untuk naik ke bukitnya ya. Karena kita bisa melihat view Danau Werkuri dari atas. Nah kalau naik ksini, harus hati2 karena karangnya sangat tajam, dan beberapa celukan yang bisa langsung ke laut. Tapi pemandangan yang disuguhkan sangat indah πŸ™‚ DCIM100GOPROGOPR1876.

Ini Pantai Werkuri di lihat dari atas tebing πŸ™‚

Dari sini, kami coba mengejar sunset di Pantai Mandorak. Salah satu spot disini adalah kita bisa menikmati pantai di antara dua karang. Ombaknya beradu cukup kuat. Di pantai ini tidak bisa berenang ya. Karena arusnya sangat kuat dan menarik. Karena pantai selatan πŸ™‚

Cantik yang diapit oleh dua karang besar di Pantai Madorak

Waktu kami disini, kami di datangi oleh anak2 kecil yang tinggal di sekitaran pantai. Untungnya kami bawa permen, Dan karena saat itu badan saya juga mulai meriang, saya yang duduk di pantai bertgas membagikan permen kepada anak2 itu. Sementara teman2 saya yang lain hunting foto2 di sekitar pantai.

Nah ini salah satu spot lagi di Pantai Mandorak. Kita disuguhi oleh pemandangan laut lepas di antara tebing dan karang. Karangnya cukup tajam, sehingga dudukpun kami alasi πŸ™‚ Disini pula lah kami menikamti sunset hari terakhir di Pulau Sumba.

DCIM100GOPROGOPR1959.

Menunggu Matahari Terbenam di atas tebing Pantai Mandorak

imageDay 4

Hari terakhir kami di Sumba diisi dengan hunting sunrise di Pantai Mananga Aba. Pantai ini juga sangat bersih. Pinggiran pantai juga karang2 kecil yang masih kita bisa lihat ikan-ikan kecil diantaranya. Tak lama Matahari terbit di balik  pegunungan. Bang Jhony bilang, kalau di bulan September dan Oktober, matahari akan muncul dari balik lautan.

Setelah itu kami kembali ke hotel untuk packing. Sempat ke pasar tradisional untuk melihat-lihat kain khas sumba. harganya pun beragam. Mulai dari 100ribu sampai jutaan. Tergantung cara pembuatannya dan panjangnya kain πŸ™‚

Akhirnya kami tiba di Airport Tambolaka. Kami harus berpisah dengan Sumba. Tapi beneran deh, liburan ke Sumba sangat menyenangkan πŸ™‚