Travelling

Ambon Manise

Hola..

Im back… after quit sometime nih…

Banyak bener yang mau di tulis… tapi uploadnya yang ga sempet2 *alasan 😜

Sekarang gw mau sharing soal perjalanan ke Ambon… Belum explore2 banget soal ambon, berbekal percaya aja operator perjalanan… tapi hasilnya… A.M.A.Z.I.N.G

Ya kota, pemandangan, makanan plus orang2nya sendiri semuanya amazing…

Lets start…
Perjalanan di mulai dengan naik penerbangan dini hari, direct flight jakarta – ambon. Tapi yaaaa, maaf loh, ini airline ganti gate ya ga ada pengumuman, tau2 pas gw dateng sepi. Ada 2 bule juga celingak celinguk. Ga lama ada mba2 geret2 koper ber 4 yang kebingungan… Gate yang ada di tiket plus di layar yang udah ganti 2x dan ga ada ground crew at all yang bisa di tanya. Catet yaaa… ga ada sama sekali… heloooooo? Kasak2 kusuk coba cek gate yang terakhir di layar, which itu dari utara ke selatan ya booo… akhirnya sampeeee di gate paling ujung… hadeuhhhhh… mau ngamuk sih ya… cuma mikir : helooo, eike mau liburan, masa di mulai sama yang bgini2… jadi tahan napas, masuk pesawat dan duduk manis… bismillah…

Subuh… landing dengan aman di ambon. Jam 6 waktu ambon. Masih rada zombie dikit2, cuma im soooo excited. Airport nya jg lmyan lah. Ga sekecil yang gw pikirkan. Baru bgt turun pesawat, langsung di telfn dan titik ketemuan di depan cafe depan airport buat kumpul sama rombongan yang lain.

Masuk mobil- kita menuju ke pelabuhan tulehu. Kotanya masih aga sepi tapi sepanjang jalan menurut gw sih cukup bersih. Ingat kl salah satu makanan khas ambon adalah nasi kuning dan ikan cakalang, kita cobain salah satu yang ada di pinggir jalan. Rasanya si standard, cuma emang cakalangnya seger banget sih… ketolong deh rasa nasi kuningnya dengan si cakalang ini…

Sarapan Yuk 🍚

Smp di pelabuhan, masih ada waktu 45 menit. Lihat2 sekitaran pelabuhan yang mulai rame dengan aktivitas orang2. Ada beberapa kapal yang stand by dsana. Kita sudah dibelikan tiket ferry menuju amahai, kelas ac dan akan menempuh perjalanan 2 jam.
Pelabuhan Tulehu
Kapal nya cukup besar – kelas ac yang kita tempatin bisa menampung sekitar 40 orang. Kursinya nyaman, walaupun ga lega banget, cm karena masih kurang tidur semalam, alhasil 3/4 perjalanan gw si pengsan alias tidur nyenyak. Tulehu menuju amahai ditempuh kurang lebih 2 jam.

Tau2 udah smp amahai aja… dan siap2 turun… dan waktu kapal merapat, udah ditelfn aja sama orang tour yang siap jemput. On time ya 😎

Smp langsung menuju mobil travel dan kita semua di ajak makan ke rmh makan seafood julia. Rasanya sih menurut gw xoxo y, cuma again ketolong sama segernya si ikan. Bumbunya kurang banyak dan berani menurut gw. Tapi karena lapar, lumayan lah…

Makan dulu ya…
Setelah isi perut, kami melanjutkan perjalanan menuju saleman, tempat kami menginap malam ini. Perjalan ditempuh sekitar 2 jam lagi.  Cm yang biikin gw sedih adalah, kita menuju salah satu tempat yang paling indah di Indonesia, tapi beberapa jalanan tuh rusak parah. Gw ga kebayang kl hujannya kayak apa ya. Plus beberapa titik rawan longsor…

Gw tu aslik ga habis pikir. Ini pemerintah daerah kmn si bok? Kan itu akses menuju tempat wisata yang ga cuma orang indo yang pengen ksini, tapi sak bule2 jg mau ksini. Mbok yak jalanannya di rapiin, dibuat mudah aksesnya. Supaya orang juga jadi ga mikir 2x kl lihat akses jalannya *sedih

Menembus hutan belantara… πŸ™πŸ»
Setelah menembus hutan belantara, akhirnya kita tiba di desa saleman. Jadiiii yaaaaa gw baru paham. Di pulau seram ini sebenarnya memang yang paling terkenal adalah si ORA beach eco resortnya. Banyak pantai sekitaranya yang juga ga kalah oke, seperti selawai, saleman dan kakau.
Pantai2 ini mulai banyak dilirik oleh orang2 dan akhirnya penduduk di sekitar juga mulai berbenah dan membangun fasilitas untuk tujuan wisata. Jadi kita ga cm mentok di ora, tapi banyak tempat yang bisa kita tinggali. Salah satunya adalah kawasan daerah Saleman.

Sebelum gw cerita mengenai titik2 yang gw datengin, gw ceritain dl mengenai desa saleman ini ya. Karena aslik gw terkesan. Bukan karena tempat nginepnya aja yang bagus, tapi karena keramahan orang2nya. Walaupun tampilan dengan kulit gelap, suaranya yang kencang dan mata yang tajam…. booo kl udah ngobrol asli ramah2 bener… nadanya emang kl awal2 si kaget ya, cm ramah2nya itu loh ternyata
Plus satu lagi kekaguman gw. Pemandangan yang gw nikmati saat pagi atau break sore hari.  Mereka swadaya bangun jembatan aka port kecil2an. Itu tuh kl jaman dl ada pelajaran pmp (ketauan ya angkatan gw) soal gotong royong. Nah ini pas bener contohnya… cant say anything else. Just look and enjoy the picture πŸ™πŸ»

Jadi saleman tu salah satu pintu masuk sblm kita ke ora beach. Saleman itu sebuah desa yang mulai berkembang dan memang salah satu pendorongnya adalah si pariwasata. Mereka sendiri akuin bahwa perkembangan ini ga lepas dr nama ora beach yang juga hits dan jadi tujuan wisata. Smp akhirnya desa ini sebagai salah satu pintu masuk juga terkena efeknya. Beberapa dr mereka awalnya hanya homestay. Itupun ceritanya kl mereka *dipaksa* menyewakan rumahnya karena para tamu yang ga dapat kamar di ora. Dari situ mereka mulai membangun homestay sampai akhirnya kumpulin modal dan mulai coba membangun kamar di atas laut , seperti di ora 😍 What? What? What 😁

Yup… jadi kamar di atas laut yang indah itu sekarang ga cuma ada di ora loh 😊

Yes… jd ada satu spot, mereka sebutnya saleman resort, which mereka punya kamar di atas laut. Kl buka pintu kamar yang dilihat laut. Nengok ke kanan yang dilihat laut dan bukit atau tebing. Nengok kiri laut plus dermaga kecil. Nengok ke bawah juga laut. Jadi isinya adalah laut…. bahkan kl matahari terbit, duduk aja di depan kamar bisa lihat siaran langsung sunrise. BUT, unfortuntely gw ga mengalami karena tiap pagi mendung… huhuhuhu… padahal gw dikasih lihat foto2nya, yang mana kita ga perlu jalan jauh2 atau tracking, cukup buka pintu kamar… πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯… smg bisa kesini lagi yaaa suatu saat nanti… kata mereka sih yang aga jarang hujan itu april – agustus the best season πŸ™πŸ»

Nah kalau ora resort mkgn udah buanyak yang bahas, upload atau review. Memang sih keindahan ora resort itu ga udah di raguin sih menurut gw. Ora itu kayak dikelilingi oleh gunung/bukit di kanan kiri, sementara pemandangan depannya adalah laut. Jadi viewnya emang oke banget.
Nah bedanya memang saleman ini offer something different. If you want to know or feel or see the local people, stay in saleman. Lo bisa lihat bagaimana keseharian masyarakat lokal seperti cara mereka berinteraksi satu sama lainnya. So selain liburan tenang karena emang masih susah sinyal, di saleman kita bisa melihat ke arifan masyarakat lokal. Bisa lengkapkan   liburannya 😊✌🏻

Selain itu saleman resort ini juga dekat dermaga. Kita bisa lihat aktivitas masyarakat dengan kapal2 boatnya hilir mudik… saat mereka membersihkan kapal, mengantar tamu ataupun antrian saat kapal merapat ke dermaga kecil saleman. Gosh… its sooo damnly good having this view during your vacation. Trust me πŸ˜ŠπŸ™πŸ»

Soal makanan…

Aslik lupain diet sist. Masakannya oke banget. Krn memang yang paling segar dan enak adalah ikan, jadi mostly yang disajikan adalah ikan. Menunya ikan dengan berbagi macam pengolahan. Ada yang di pedas, bumbu kuning, goreng, bakar, semuanyaaaaa enakkk. Sarapan pagi biasanya ada nasi goreng plus telor ceplok or dadar. Kerupuk plus sambel tu ga perlu di ragukan sist. Always available. Buah2an biasanya disedian pisang dan pepaya. Menu masakan sayur ga pernah lewat. Nasi melimpah ruah. Coffee break aka cemilan aslik ada mulu. At least pisang goreng anget2 ada tiap sore. Kopi sama teh free flow… astaga…. welcome perut buncit πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜…

Soal kamar… enak banget booo….

Kamar bersih bener. Dibersiin juga sama petugasnya saban hari. Kamar mandi aman sentosa. Air ga pernah mati. Walaupun ga tawar2 banget, airnya tuh ga lengket di badan. Dan airnya itu dingin — baca : segar… listrik baru nyala jam 6 sore. Sedih sih pas ngobrol sama salah satu leader tour guide kita : Indonesia udah merdeka 71 tahun mba, tapi kita baru merdeka 4 bulan. Krn listrik baru masuk di desa ini 4 bulan yang lalu. Itu punya nyala dari sore – subuh aja. πŸ˜₯… ga tau harus comment apa…

Oke itu review gw mengenai saleman resort. Jadi buat gw si tempat ini emang oke banget dan ga bakal nyesel kalau kita dateng kesini…

You can contact me for details of saleman resortπŸ˜˜πŸ™πŸ»

Have fun and enjoy saleman…