Travelling

Rembang… A Short Visit

Hola…
Setelah jutaan tahun ya ga buka2 blog, then im back…

Well penyakit malas menulis emang kambuhan sih 😁  semoga penyakit malas ini berkurang dan bisa lebih produktif lagi kedepannya (ini doa dari tahun 1900-an sih πŸ˜‚)
Okeh… lets start…

Sukaaaa Banget Sampai Backgroundnya 😍
Ide dari mana Rembang? Awalnya adalah gara2 baca cerita di detik travel, mengenai keindahan kota rembang yang terkenal dengan pecinan-nya yaitu lasem. Dalam kisah yang dipaparkan disitu, gw kebayang kotanya bakal yang full of history masa lampau, gedung2 tua, kelenteng, dan budaya chinese yang sangat kental. Aslik penasaran… cuma kapan ya bisa ke rembang? Ga punya planning juga… πŸ˜…

Bagunan Tua yang ada di kawasan Lasem… ada objek tambahan sih disitu πŸ˜…
Sampai akhirnya di hari yang fitri ( which emang abis lebaran juga sih) karena di rumah free dan boleh main sama nyokap gw, jadilah mencoba trip ke rembang ✌🏻

Yahh cuma sehari doank sih… tapi gpplah… hitung2 nambahin kilometer perjalanan ya bo 😜
Ada beberapa tempat yang coba gw kunjungin. Yang mana listnya juga baru dibaca sambil jalan. Daaannn akhirnya bingung mau yang mana duluan πŸ˜‚ gaya yaaaa… kirain ga banyak yang bisa dikunjungin, ga tau nya listnya sedabrek boooo πŸ˜† mulai dari wisata pantai, heritage kota lasem, batik2an sampai kuliner pastinya 🍱πŸ₯˜πŸ˜πŸ‘

Masuk kota rembang, udah di sambut oleh pinggir laut yang indah ( yah sist, secara pinggir utara pulau jawa ya). Yang mana kalau di lihat di peta ya emang ujung2nya udah laut semua….
Akhirnya milih lihat kota lasem dl. Dari rembang ke lasem bisa ditempuh sekitar 30-40 menitan. Memasuki kota lasem awalnya ga begitu ngeh dengan sentuhan tiongkoknya.

This is the gate ✌🏻

Sampai gw masuk di gapura yang memang menunjukkan sejarah tingkok di masa lalu. Rumah2 disana masih terjaga bangunan aslinya dan beberapa masih tertera nama pemiliknya.

Rumah asli yang masih ada nama pemiliknya
Rumah asli tionghoa lainnya yang masih punya papan nama pemiliknya

Setelag jalan sebentar, gw menemukan klenteng Po An Bio,cuma memang pas ga dibuka dan ga bisa masuk pula. Saat itu klenteng sangat sepi. Padahal pengen banget bisa masuk. Karena menurut cerita yang gw baca, klenteng ini sudah berdiri dari tahun 1740. Syedih 😒
Lanjut….


Masih disekitaran kawasan lasem, ada satu bangunan yang terkenal dengan sebutan Tiongkok kecil atau rumah merah. Memang dindingnya di cat warna merah serta interior dalamnya. Bagian depannya kita sudah disambut patung2 besar dan di dalamnya banyak juga peninggalan2 masa lampau. Ada 2 barongsai yang menyambut kita di pintu masuk. Selain itu bangunan ini juga dikembangkan menjadi guest house. Ada beberapa kamar yang disewakan. Kalau tidak salah tarifnya sekitar 300-500ribu. Tapi maaf ya gw ga tanya detail bedanya πŸ˜…πŸ™πŸ»

Abaikan gaya kita berdua yang aga gimana gt yaaa πŸ˜‚
Ini gerbang kawasan tiongkok kecil atau sebuatan lainnya rumah merah
Ini kamar yang disewakan… cukup gede loh kamarnya
Ini dalamnya rumah merah
Pintu masuk rumah merah
Barongsai yang di pajang di dalam rumah
 
Lanjut jalan sekitaran kawasan lasem, gw ketemu dengan salah satu kelenteng tua lagi. Again sepi dan kayaknya ga dibuka. Sedih 😦 pengen banget bisa masuk dan lihat2 isinya… dannnnn…. tiba2 ada penjaganya keluar… rada malu sedikit sih sebenarnya trus gw samper. Ibu2 setengah baya penjaga kelentengnya. Dia bilang boleh masuk asal jangan foto2 pas deket altar ya. Yihaaaaa… senangnya…. 


Kelenteng ini namanya Cu An Kiong. Menurut si ibu usianya sudah sekitar 600tahun dan sebagian besar isinya masih bangunan asli. Gw kagum banget sama gambar yang ada di dinding. Ga ngerti sih artinya apa πŸ˜‚ cuma ntah kenapa gw yakin banyak arti dan pelajaran yang bisa diambil. Feeling gw sih itu kayak strategi perang melawan kejahatan (sotoy abis πŸ˜‚)… cuma tetep sih menurut gw sejarah yang melekat pasti bagus banget untuk dipelajari. Sayang si ibu sepertinya sedang tidak dalam kondisi bertugas. Sehingga gw cuma sempat melihat2 dalamnya tanpa ada guide yang bisa kasih tau sejarah singkat.


Okay.. kurang lebih itulah perjalanan singkat gw ke rembang. Beberapa spot lainnya menyusul ya sist 😁

Happy Travelling Mate πŸ™πŸ»

Leave a Reply

